Sunday, February 4, 2018

Viral! Bitcoin? Apa Itu Bitcoin?


Akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar kata Bitcoin. Apa itu Bitcoin dan apa yang membuatnya viral akan kita bahas pada postingan ini.

Bitcoin merupakan salah satu mata uang elektronik atau mata uang yang hanya dapat digunakan secara online. Mata uang ini bersifat worldwide dan terdesentralisasi, artinya mata uang ini tidak memerlukan semacam bank atau penyimpan terpusat karena transaksi dilakukan secara peer-to-peer atau secara langsung dengan pengguna.

Sejarah
Bitcoin diciptakan oleh seseorang berkebangsaan jepang bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Namun tidak ada satupun orang yang mengetahui siapa sebenarnya dirinya karena dia hanya berkomunikasi melalui e-mail dan sosial media miliknya. Pada tahun 2009 ia merilis secara resmi bitcoin tersebut setelah dia menambang block Bitcoin untuk yang pertama kalinya yang disebut genesis block. 

Transaksi
Transaksi dalam Bitcoin dilakukan secara langsung dari user ke user lain tanpa ada perantara. Pada Bitcoin ada yang dinamakan jurnal yang mana jurnal ini didalamnya memuat informasi siapa dan berapa Bitcoin yang dia miliki. Tidak seperti bank pada umumnya yang menyimpan jurnal pada sebuah instansi tertentu, Bitcoin menyebarkan jurnalnya ke setiap pemilik. Hal ini menjadikan setiap pemilik Bitcoin akan mengetahui informasi dari mulai saldo hingga transaksi setiap pemilik. Walaupun begitu, pada jurnal tersebut tidak disertakan informasi nama, alamat, dsb. karena hanya terdapat Bitcoin address saja atau bisa disebut nomer rekening Bitcoin. Apabila ada seseorang yang mengirim 1 Bitcoin ke orang lain, maka setiap orang yang memegang jurnal akan mendapat perintah untuk memindahkan 1 Bitcoin dari pengirim tersebut (mengurangi) ke penerimanya (menambah).

Cara Mendapatkan
Bitcoin bisa didapatkan dengan berbagai cara yang pertama adalah dengan membelinya langsung lewat beberapa situs resmi yang dpat dicari dengan mudah. Kedua, dapat dilakukan dengan cara mining atau menjadi seorang maintainers yang membantu proses transaksi dan verifikasi. Ketiga, dapat dilakukan dengan bekerja pada seseorang yang memiliki Bitcoin dan meminta pembayaran menggunakan Bitcoin.

Nilai Tukar 
Nilai tukar dari Bitcoin tidak stabil, kadang besar kadang kecil. Hal ini dikarenakan faktor penawaran dan permintaan. Apabila permintaan tinggi sedangkan jumlah Bitcoin sedikit maka nilai otomatis akan tinggi, begitu pula sebaliknya. Pada saat saya menulis ini, nilai tukar 1 Bitcoin adalah 8,853.18 USD atau sekitar 118 juta rupiah.

Legalitas
Tidak semua negara melegalkan Bitcoin ini, di Indonesia Bitcoin merupakan hal yang ilegal atau tidak sah, berbeda dengan di Jerman yang melegalkannya. Di China, pemerintahnya membatasi penggunaan Bitcoin

Bitcoin memiliki kelebihan dan kerkurangannya dibanding dengan mata uang konvensional. Meski begitu, semua kembali pada pribadi masing-masing bagaimana untuk menanggapinya. Selain Bitcoin masih banyak sebenarnya mata uang elektronik seperti Ripple, Litecoin, Qtum, Dash dan lain-lain. Sekian penjelasan dari kami, terima kasih.




INCOMING SEARCH TERMS: 
  • Bitcoin
  • Bitcoin adalah
  • Bitcoin Indonesia
  • Apa itu Bitcoin?
  • Bitcoin mining
  • Pengertian Bitcoin
  • Mata Uang Elektronik 

0 komentar:

Post a Comment